Deskripsi Mata Kuliah Pilihan

Mata Kuliah Pilihan 
Metode Spesifik Evaluasi Mutu – TPI 8203 (3/0)
Pembelajaran ditekankan pada pengembangan metode-metode spesifik evaluasi mutu produk pertanian, baik destruktif maupun non-destruktif. Lingkup pembelajaran meliputi: evaluasi tekstur dan sifat rheology, artificial intelligence system untuk pengujian sensoris, computer vision, NIR, NMR, sistem Sonic and ultrasonic, electronic nose, dan nanotechnology.

Kebijakan dan Strategi Pembangunan Agroindustri – TPI 8204 (3/0)
Pembelajaran ditekankan pada ranah pengembangan ilmu teknologi rekayasa dan manajemen yang mencakup; lingkup, batasan, filosofi dan konsep pembangunan agroindustri, berbagai pendekatan pengembangan dan pemodelan agroindustri, strategi pengembangan teknologi rekayasa produk, proses, alat dan mesin agroindustri, produksi dan teknologi bersih (Cleaner Production and Technology), produktivitas hijau (green productivity), daya saing dan keberlanjutan agroindustri.

Perancangan produk, proses, dan agroindustri terintegrasi – TPI 8205 (3/0)
Pembelajaran ditekankan pada ranah pengembangan ilmu teknologi rekayasa dan system manajemen yang mencakup: lingkup, batasan, karaterisasi dan pengembangan teknologi rekayasa bahan agroindustri, konsep teknologi rekayasa produk dan proses Agroindustri (produk dan proses agroindustri budidaya dan manufaktur pangan (food)/nonpangan (non food; feed, pharmacy, energy, fertilizer etc), strategi pengembangan dan perancangan produk baru agroindustri, perancangan dan scaleup teknologi proses agroindustri, kebijakan penerapan dan pengembangan teknologi proses agroindustri (proses fisik-mekanik, kimia dan bioproses/biokonversi), dan pengembangan teknologi rekayasa agroindustri kedepan.

Persoalan Kritis Indikasi Geografis Produk Agro – TPI 8206 (3/0)
Pembelajaran ditekankan untuk menemukan, memunculkan, memelihara, dan memanfaatkan keunggulan spesifik komoditas pertanian berbasis asal geografis. Mata kuliah ini berisikan konsep indikasi geografis, dimensi ekonomi produk berindikasi geografis, autentikasi produk berindikasi geografis, keterunutan dan penjaminan mutu produk berindikasi geografis, tata cara pengajuan sertifikasi indikasi geografis, dan studi kasus-studi kasus indikasi geografis di berbagai negara

Pemodelan dan Simulasi Sistem Agroindustri Lanjut – TPI 8207 (3/0)
Mata kuliah Pemodelan dan Simulasi Sistem dirancang untu memberikan pemahaman tentang problem dinamis dalam industri pertanian yang memerlukan kajian dan penyelesaian secara tepat dengan pendekatan metoda pemodelan dan simulasi sistem. Kajian materinya antara lain; pendahuluan sistem pemodelan dinamis, penyusunan model dinamis dengan diagram causal loop yang menggambarkan karateristik sistem, dilanjutkan dengan penyelesaian menggunakan simulasi sistem untuk dianalisis karatersitiknya. Tahap akhir, sebelum penyelesaikan dengan pendekatan pemodelan dan simulasi sistem dilakukan pengujian atas validasi sistem sebelum dinyatakan pendekatan pemodelan dan simulasi sistem layak sebagai solusi yang dapat diterapkan. Alternatif perbaikan sistem menggunakan pemodelan dan simulasi sistem dilakukan dengan melakukan perubahan skenario pada model sistem yang disusun dan disimulasikan untuk mendapatkan hasil sistem yang disolusikan dan diperbaiki karateristiknya.

Ranah Kekinian Teknologi dan Bahan Kemas untuk Produk Mudah Rusak – TPI 8208 (3/0)
Pembelajaran ditekankan untuk menemukan, mengukur, mengevaluasi, menerapkan, dan mengembangkan bahan kemas, proses, analisis dimensi, interaksi dan migrasi, dengan karakteristik produk agroindustry untuk memperpanjang umur simpan, nilai tambah, dan pengurangan kerugian

Manajemen Agro-industri – TPI 8209 (3/0)
Pembelajaran ditekankan pada upaya optimasi pemanfaatan informasi pada sistem perusahaan yang meliputi fungsi perancangan dan pengembangan produk dan jasa, pemasaran, sumber daya manusia, organisasi, keuangan dan investasi, serta kewirausahaan dan pengembangan usaha baru untuk menghasilkan rancangan sistem industri yang terintegrasi. Lingkup pembelajaran terdiri dari: corporate service system, management sytems, dan sistem industri yang terintegrasi.

Sistem Produksi Terintegrasi untuk Agroindustri – TPI 8210 (3/0)
Pembelajaran ditekankan pada ranah pengembangan ilmu untuk peningkatan produktivitas agroindustry yang mengintegrasikan komponen sistem produksi yang meliputi perancangan dan evaluasi sistem kerja, facilities planning, tata letak pabrik dan penanganan bahan, operasi penggudangan, production planning and inventory
control system, production scheduling, concept of just in time dan lean manufacturing system.

Pengembangan Sumberdaya dan Konversi Bioorganisme pada Agroindustri Kedepan – TPI 8211 (3/0)
Pembelajaran ditekankan pada ranah pengembangan metode dan teknologi rekayasa yang mencakup; penemuan, isolasi, seleksi, karakterisasi dan konservasi mikroorganisme industri, pengembangan metode biakan dan substrat biomassa pertumbuhan yang dibutuhan, rancangbangun bioreactor dan penentuan parameter prosesnya, pengembangan teknologi rekayasa proses hilir produk akhir serta analisis kelayakan teknoekonomi.

Lingkungan Keberlanjutan untuk Agroindustri – TPI 8212 (3/0)
Pembelajaran ditekankan untuk mengidentifikasi, mengukur, mengevaluasi, dan solusi perbaikan hubungan antara agroindustry dan lingkungan, baik yang terkendali dimapun yang tidak terkendali melalui analisis daur hidup (LCA), analisis risiko lingkungan, kajian keberlanjutan produksi dan konsumsi, tanggung jawab sosial, ekonomi, dan lingkungan, perancangan produk ramah lingkungan, dan analisis multidimensi untuk keberlanjutan

Teknologi dan Manajemen Rantai Pasok Agroindustri – TPI 8213 (3/0)
Kuliah ini menekankan pada penguasaan teori dan strategi manajemen rantai pasok agroindustri yang mencakup: lingkup pengadaan, proses pemindahan material dan informasi, serta proses distribusi. Metode yang digunakan meliputi peramalan, distribusi, inventori transportasi dan distribusi. Penggunaan pemrograman komputer dan teknologi dalam sistem tracebility.

Contemporary Issues 1 – TPI 8214 (3/0)
Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menganalisis berbagai isu terkait agroindustri. Pembelajaran ini berfokus pada sejumlah tema utama dengan fleksibilitas yang mengakomodasi minat mahasiswa, kondisi saat ini dan yang berpotensi terjadi di masa depan. Mahasiswa didorong
untuk menguji pemikiran dan keyakinan dirinya dan orang lain tentang isu terkini tersebut. Pembelajaran menekankan pada pemikiran kritis, analitis, dan strategis, penyelesaian masalah, serta pengambilan keputusan yang melibatkan komunitas/grup.

Contemporary Issues 2 – TPI 8215 (3/0)
Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menganalisis berbagai isu terkait agroindustri. Pembelajaran ini berfokus pada sejumlah tema utama dengan fleksibilitas yang mengakomodasi minat mahasiswa, kondisi saat ini dan yang berpotensi terjadi di masa depan. Mahasiswa didorong
untuk menguji pemikiran dan keyakinan dirinya dan orang lain tentang isu terkini tersebut. Pembelajaran menekankan pada pemikiran kritis, analitis, dan strategis, penyelesaian masalah, serta pengambilan keputusan yang melibatkan komunitas/grup.